Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Kali ini saya akan menjelaskan tutorial tentang UI System pada Unity, yuks langsung saja disimak yaaaa...
1. Seperti biasa buka aplikasi Unity terlebih dahulu dan buat project sesuai nama yang diinginkan.
Unity
memiliki kelemahan dalam hal UI (user interface). Class GUI yang dimiliki Unity
mengharuskan programmer berusaha lebih keras hanya untuk membuat sebuah tombol
dan interaksinya. Tetapi sejak versi 4.6 Unity mengeluarkan fitur UI yang
sangat baik. Kini pembuatan user interface di Unity semudah drag and drop.
Yuk kita buat projectnya.....
1. Seperti biasa buka aplikasi Unity terlebih dahulu dan buat project sesuai nama yang diinginkan.
2. Tambahkan sebuah Panel dengan cara klik menu GameObject -> UI -> Panel.
3. Selanjutnya kita akan membuat tombol. Caranya klik menu GameObject -> UI -> Button. Pasang Button sebagai child dari Panel dengan cara drag langsung pada tab Hierarchy.
Menguasai Anchor merupakan dasar terpenting dalam penggunaan UI pada Unity. Prosesnya cukup rumit dan mudah, kita hanya perlu sedikit lebih teliti.
5. Klik GameObject PlaceHolder yang merupakan child dari GameObject InputField pada tab Hierarchy, lalu klik tab Inspector dan pada panel Text ganti parameter Textnya menjadi “Masukkan Nama Anda...”.
6. Selanjutnya tambahkan sebuah Text dengan cara klik menu GameObject -> UI -> Text.
Semua object UI
memiliki satu mekanisme unik yang disebut dengan Anchor. Misalnya untuk panel
yang baru saja kita pasang. Kita bisa melihatnya pada panel Transform bahwa
secara default Anchor yang dimilikinya adalah Strecth x Strecth.
Gunakan Hand
Tool standar atau tambahkan klik Kanan untuk mendapatkan
pandangan Scene seperti di bawah ini.
Anchor tersebut akan membuat panel
yang dibuat akan ikut membesar secara horizontal dan vertikal sesuai dengan
ukuran layar game. Kita bisa mengubah jenis Anchor dengan klik kotak penanda
Anchor. Misalnya mengubah pilihan pada Top x Left kemudian geser panelnya pada
ujung kiri atas. Pilihan ini akan membuat panel ‘menempel’ pada posisi kiri
atas Canvas. Tak peduli ukuran layer game berubah-ubah. Untuk mencobanya
silahkan ubah ukuran layar game.
Contoh
lainnya misalnya adalah kebalikannya yaitu Top-Right. Ubahlah Anchor panel
menjadi Top-Right dan geser panel sampai ujungnya mendekati posisi kanan
atas.
Jalankan
game dan ubahlah layar tab game, bisa perhatikan kini bahwa panel akan berusaha
untuk selalu menyesuaikan dengan ujung layar game sebelah kanan atas?
Baiklah sekarang kembalikan lagi Anchor menjadi Strecth x Strecth lalu
lanjutkan materi berikutnya.
3. Selanjutnya kita akan membuat tombol. Caranya klik menu GameObject -> UI -> Button. Pasang Button sebagai child dari Panel dengan cara drag langsung pada tab Hierarchy.
Jalankan game dan coba geserkan tab Game, lalu
perhatikan hasilnya. Meski ukuran panel mengikuti layar game namun posisi dan
ukuran button tidak. Hal terpenting yang harus diingat adalah Anchor bekerja
untuk setiap objek UI sehingga kita harus mengaturnya satu persatu.
Menguasai Anchor merupakan dasar terpenting dalam penggunaan UI pada Unity. Prosesnya cukup rumit dan mudah, kita hanya perlu sedikit lebih teliti.
4. Selanjutnya buat sebuah InputField dengan cara klik
menu GameObject -> UI-> InputField. GameObject ini berfungsi untuk
menerima inputan dari user.
Tempatkan Inputfield pada panel dan sesuaikan
posisinya sesuai keinginan.
5. Klik GameObject PlaceHolder yang merupakan child dari GameObject InputField pada tab Hierarchy, lalu klik tab Inspector dan pada panel Text ganti parameter Textnya menjadi “Masukkan Nama Anda...”.
6. Selanjutnya tambahkan sebuah Text dengan cara klik menu GameObject -> UI -> Text.
Tempatkan text sebagai child dari panel. Atur posisi sesuai kebutuhan.
7. Anda juga bisa mengganti text yang ada pada Button
dengan klik pada Text pada child Button, klik Inspector lalu ubah parameter
Text sesuai kebutuhan.
8. Selanjutnya kita akan buat Script C# baru dan beri
nama KlikUI.cs lalu ubah script seperti di bawah ini:
9. Selanjutnya
pasang script pada GameObject. Kita bisa pasang di sembarang GameObject,
misalnya saja kita pasang pada Canvas, lalu sesuaikan dua buah parameter public
yang dibuat tadi dengan GameObject yang telah kita buat sebelumnya di Scene.
Untuk memudahkan, silahkan ganti nama GameObject Text
yang menjadi target.
10. Selanjutnya klik Button pada Scene, cari panel event
OnClick() pada tab Inspector, klik tombol + di pojok kanan bawah.
Masukkan GameObject yang diberi script (dalam hal ini
Canvas) pada parameter Object, dan klik combobox yang bertuliskan No Function
dan pilih KlikUI. Dalam hal ini KlikUI adalah script yang dipasang pada
GameObject Canvas.
Pada dasarnya, semua fungsi yang dipasang sebuah
GameObject yang dipasangkan pada event OnClick akan muncul pada combobox ini.
11. Pilih fungsi ClickMe(). Dengan begini, fungsi ClickMe() akan dipanggil jika
Button ditekan.
12. Jalankan Game, isi InputField dengan nama seseorang
dan klik buttonnya. Terlihat hasilnya?
SELESAI DEHHH
Sekian dulu tutorial dari saya tentang Simple Animation nya , nantikan tutorial selanjutnya dari saya yaa, Terima kasih Semua...
Jika kalian ingin mengetahui info tentang Universitas Budi Luhur maka bisa mengunjungi website di bawah ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar