Rabu, 15 April 2020

PREFAB

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kali ini saya akan  menjelaskan tutorial tentang Prefab pada Unity, yuks langsung saja disimak yaaaa...

1. Seperti biasa buka aplikasi Unity terlebih dahulu dan buat project sesuai nama yang diinginkan.

2. Tambahkan sebuah Plane dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Plane lalu ganti namanya menjadi Lantai 1.


















3. Atur posisi Main Camera dan plane menggunakan gizmo atau panel Transform sehingga Kamera dapat melihat lantai dengan jelas berada di bawah.
















4. Tambahkan plane kedua, ganti namanya menjadi Lantai 2 dan atur scalenya menggunakan tombol Scale di pojok kiri atas atau masukkan angkanya pada panel transform. Angkat posisi Lantai 2 sedikit ke atas dan atur kemiringannya sehingga mirip seperti gambar di bawah ini:















5. Klik Lantai 2 pada tab Hierarchy kemudian buat GameObject Child dengan cara klik menu GameObject -> Create Empty Child (beri nama Titik jauh). Atur posisi GameObjectChild tadi menggunakan gizmo atau panel Transform sehingga sedikit di atas Lantai 2 seperti gambar berikut.

















6. Selanjutnya buat sebuah Sphere baru dengan cara klik menu GameObjects -> 3D Object -> Spphere dan ganti namanya menjadi MyBall.










7. Tambahkan sebuah gambar pada panel Assets dengan cara klik kanan pada panel Assets -> Import New Assets..., lalu pilih salah satu gambar yang ada di komputer Anda, dari panel Assets, drag gambar tersebut menggunakan mouse lalu letakkan pada MyBall sehingga terlihat seperti di bawah ini.















8. Klik MyBall dan tambahkan RigidBody dengan cara klik menu Component -> Physics -> Rigidbody.















9. Buat sebuah Physic Material dengan cara klik Assets -> Create -> Physics Material dan beri nama Bounce.

















10. Ganti parameter Bounciness menjadi 0.9 untuk menambahkan efek memantul.


11. Tambahkan Material Bounce dengan cara drag dari panel Assets ke panel Sphere Collider, parameter material. Atau klik tombol kecil di kolom Material pada komponen Sphere Collider milik MyBall.















12. Berikutnya untuk menjadikan Prefab, drag MyBall dari tab Hierarchy ke panel Assets.















Jika Prefab MyBall sudah dibuat, Anda dapat menghapus GameObject MyBall dari tab Hierarchy, karena yang akan kita gunakan adalah Prefab yang sekarang sudah ada di Assets.

13. Berikut ini contoh penggunaan kembali Prefab menjadi GameObject. Jika sudah mulai paham, hapus object bola di dalam scene.


















14. Buat script C# dan beri nama GandakanBola.cs lalu ubah script menjadi seperti berikut ini:















15. Selanjutnya pasang script tersebut di GameObject mana saja yang Anda suka, lalu pastikan parameter TempatJatuh dan parameter Bola diisi.

Parameter Tempat Jatuh diisi dengan GameObject TitikJatuh, sedangkan parameter Bola diisi dengan prefab MyBall.


16. Jalankan Games dan klik tombol Buat Bola berkali-kali. Perhatikan pula kondisi tab Hierarchy dengan seksama, semua GameObject yang terbentuk dan terterah di sana akan menghilang secara otomatis setelah 5 detik. Beginilah cara Unity membuat GameObject secara runtime sekaligus menjaga kestabilan penggunaan memori pada Komputer.

Sekian dulu tutorial dari saya tentang Prefab, nantikan tutorial selanjutnya dari saya yaa, Terima kasih Semua...

Jika kalian ingin mengetahui info tentang Universitas Budi Luhur maka bisa mengunjungi website di bawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar